Pages

11 Nov 2012

Penggunaan Absensi Fingerprint dalam Program Pendidikan

Banyak sekali maanfaat penggunaan sidik jari pada sekolah-sekolah atau universitas. Di beberapa negara maju dan berkembang, penerapan aplikasi sidik jari sudah sampai diterapkan mulai tingkat pendidikan TK dan hingga extrakulikuler siswa. Hal ini akan lebih bermaanfaat di Indonesia jika diterapkan pada sistem perkuliahan yang pada umumnya kita mengetahui adanya tradisi "titip absen" antar mahasiswa. Kebiasaan ini sudah sepatutnya dihentikan dengan pengenalan sidik jari mahasiswa.
Dan tahun ini di berbagai sekolah menengah di Indonesia mulai digunakan Absensi Sidik Jari atau Absensi Fingerprint. Selain itu beberapa Universitas di Indonesia sudah menerapkan sistem penginputan sidik jari pada pendaftaran mahasiswa baru tak hanya untuk absensi.
Dengan sistemini diharapkan meningkatkan kedisiplinan setiap intintusi sekolah siswa juga mahasiswa. Selain itu lebih memudahkan akademik dalam memeriksa data kehadiran menjadi lebih efektif dan efisien.

Sumber : http://www.fingerprintindonesia.com/2012/07/penggunaan-absensi-fingerprint-dalam.htmlhttp://www.fingerprintindonesia.com/2012/07/penggunaan-absensi-fingerprint-dalam.html

Menurutku, hal ini sangat efektif dan efisien, seperti yang diterapkan di SMA 1 CEPU, SMA ku (Tapi belum beroperasi :P )
pasalnya siswa akan "takut" untuk nge-blong :D sehingga terciptalah siswa yang tertib dan jauh dari godaan.... haha.. selain itu kesannya gaoool getoo apabila kita menggunakan fingerprint... haha

0 comments:

Posting Komentar